PEMICUAN STBM M DAN PEMERIKSAAN PENYAKIT TIDAK MENULAR

Dilihat : 500 Kali, Updated: Selasa, 25 Juli 2023
PEMICUAN STBM M DAN PEMERIKSAAN PENYAKIT TIDAK MENULAR

Pemicuan STBM, sebagaimana didefinisikan dalam Permenkes No.3/2014 adalah cara untuk mendorong perubahan perilaku higiene dan sanitasi individu atau masyarakat atas kesadaran sendiri dengan menyetuh perasaan, pola pikir, perilaku, dan kebiasaan individu atau masyarakat. Dilaksanakan di Desa Sidamulih kepada para warga setempat oleh petugas Puskesmas Rawalo.

Penyuluhan kepada masyarakat akan pentingnya sanitasi yg sehat guna menjaga keberlangsungan dan ketersediaan air bersih untuk kehidupan masyarakat.

kegiatan ini bertujuan memberikan penjelasan dan penyuluhan kepada masyarakat akan pentingnya menjaga ketersediaan air bersih yg layak bagi kehidupan masyarakat, karena dilingkungan kelurahan ratu jaya pada umumnya masyarakat ratu jaya masih menggunakan sumber air tanah untuk memenuhi kebutuhan sehari-hari. Oleh sebab itulah kegiatan penyuluhan STBM ini dilaksanakan aga masyarakat mengetahui jarak antara septic tank dengan sumur pompa sebagai sumber air yg digunakan sehari-hari.


Selain Kegiatan tersebut juga dilakukan kegiatan pemeriksaan Penyakit tidak menular (PTM) merupakan penyakit penyakit yang tidak bisa ditularkan dari orang ke orang, yang perkembangannya berjalan perlahan dalam jangka waktu yang panjang (kronis).Adapun pemeriksaan PTM yang dilaksanakan Senin 24 Juli 2023 antara lain pemeriksaan gula darah, cek kolestrol, dan kadar asam urat kepada masyarakat terutama kepada warga Desa Sidamulih Kecamatan Rawalo

 

Komentar